Fungsi dan Cara Setting SEO ALRPcara setting seo alrp
Begitu banyaknya plugin-plugin yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan SEO blog kita. Mungkin saking banyaknya plugin yang bisa dipilih, sampai-sampai anda bingung sendiri dan hanya memilih plugin berdasarkan referensi orang atau tulisan saja, tanpa mengerti sedikit pun apa dan bagaimana cara kerja plugin tersebut.
Bahkan anda sama sekali tidak paham cara untuk mengedit konfigurasi/settingan agar sesuai dengan keinginan kita.
Untuk alasan tersebutlah, semenjak setengah tahun yang lalu saya membuat 1 kategori khusus untuk membahas dan mereview plugin-plugin yang sudah pernah saya gunakan. Kalau anda ingin request review sebuah plugin, silahkan kontak saya. Saya akan usahakan untuk membuat artikel sesuai dengan keinginan/request dari anda ;)
Lanjut ke pembahasan sekarang mengenai SEO ALRP. SEO ALRP yang akan saya bahas sekarang ini sebenarnya plugin yang masih sangat baru, kalau saya tidak salah sih awal-awal tahun ini SEO ALRP bisa kita unduh di direktori wordpress.
Walaupun sebenarnya tutorial cara setting SEO ALRP sudah ditulis oleh developernya disini, saya hanya akan melengkapi tutorial tersebut saja.

Apa itu SEO ALRP ?

SEO ALRP merupakan singkatan dari SEO Auto Links & Related Posts, plugin ini didevelop oleh orang yang juga mendevelop plugin STT 2, yaitu Mas Poer. Siapa itu Mas Poer ? Silahkan kunjungi langsung website beliau disini.

Fungsi SEO ALRP

Plugin ini berfungsi untuk membuat internal link secara otomatis berdasarkan settingan kita dan juga untuk menampilkan related posts atau artikel terkait. Sebelum adanya SEO ALRP, untuk membuat internal link otomatis dulu saya menggunakan SEO Smart Links bahkan saya mereferensikan seo smart link pada postingan saya mengenai 50 Plugin Yang Akan Merubah Blog Anda Menjadi Super Blog.
Sedangkan untuk menampilkan related posts, biasanya saya menggunakan cara manual untuk menampilkan artikel terkait ini. Tapi setelah munculnya SEO ALRP, saya putuskan untuk menggunakan fungsi artikel terkait dari plugin ini, biar kalau gonta-ganti template gak perlu susah-susah edit-edit kodingnya :mrgreen:

Cara Setting SEO ALRP

Sebelum menulis cara settingan SEO ALRP ini, sebaiknya anda installkan terlebih dahulu di blog anda.
  • Masuk ke Settings » SEO ALRP
  • Setelah itu anda akan masuk kehalaman untuk setting plugin ini.

SEO Auto Links Settings

Cara Setting SEO ALRP
Klik untuk memperbesar
  1. Untuk menghidupkan dan mematikan fungsi auto link.
  2. Apabila ditemukan Meta Keyword dari sebuah postingan dalam body artikel postingan lain, maka akan secara otomatis menjadi internal link menuju postingan yang memiliki meta keyword tersebut.
  3. Sama dengan fungsi no.2, hanya perbedannya fungsi no.3 ini menggunakan tag artikel.
  4. Masih sama dengan fungsi no.2, fungsi no. 4 ini menggunakan judul artikel.
  5. Untuk kata kunci yg sama, berapa kali mereka akan dirubah menjadi link. (sumber: Mas Poer)
  6. Berapa jumlah judul artikel terkait yg harus kita ambil dari database. Semakin banyak jumlah auto link akan semakin banyak tapi proses yg dibutuhkan jg akan lebih lama. (sumber: Mas Poer)
  7. Format judul link tersebut. Kode #title akan otomatis diganti dg judul artikel terkait yg menjadi link. (sumber: Mas Poer)
  8. Gunakan bagian ini untuk mengubah sebuah kata kunci menjadi link tertentu. Disini bisa digunakan link ke situs lain seperti link affiliasi dll. (sumber: Mas Poer)

SEO Related Posts Settings

cara setting seo alrp
Klik untuk memperbesar
  1. Fungsi untuk menghidupkan dan mematikan fungsi artikel terkait.
  2. Jumlah artikel terkait yang ingin ditampilkan.
  3. Kategori-kategori yang tidak ingin anda ikut sertakan pada artikel terkait.
  4. Anda dapat menampilkan artikel terkait pada Pages dengan men-centang pilihan ini, apabila anda biarkan tidak dicentang, maka artikel terkait hanya akan tampil di single posts/halaman artikel.
  5. Artikel terkait akan langsung di tambahkan setelah isi artikel. Jadi tidak perlu repot mengedit template. Apabila anda ingin menampilkan artikel terkait sesuai keinginan anda, silahkan gunakan fungsi yang sudah disediakan. (sumber: Mas Poer)
  6. Secara otomatis akan menambahkan artikel terkait pada feed blog anda.
  7. Jika pilihan ini anda centang, maka SEO ALRP akan menggunakan artikel, title artikel dan meta keyword untuk mencari artikel terkait.

Output

Cara Setting seo alrp
Klik untuk memperbesar
  1. Judul dari artikel terkait, anda bisa menyesuaikan dengan keinginan anda masing-masing.
  2. Tulisan yang tampil ketika tidak ditemukan artikel terkait pada suatu postingan.
  3. Fungsi untuk menampilkan excerpt/penggalan artikel pada artikel terkait.
  4. Jumlah kata yang ditampilkan pada penggalan artikel pada artikel terkait.

Related posts in 404 page

Cara setting seo alrp
klik untuk memperbesar
  1. Jumlah artikel terkait pada halaman 404.
  2. Untuk menampilkan artikel terkait pada halaman 404, anda harus memasukan fungsi yang sudah disediakan pada file 404.php pada template anda.
  3. Untuk menampilkan pesan error, masukan fungsi yang sudah disediakan.

Thumbnail

Cara setting seo alrp
Klik untuk memperbesar
  1. Centang apabila anda ingin menampilkan thumbnail pada artikel terkait.
  2. Centang apabila ingin menampilkan judul artikel dan atau penggalan artikel bersama dengan thumbnail.
  3. Lebar thumbnail.
  4. Tinggi thumbnail.
  5. Custom field ini hanya bersifat opsional saja, apabila custom field ini dikosongkan maka seo alrp akan mencari gambar yang ada di dalam postingan, namun apabila tidak ditemukan gambar, maka akan menggunakan gambar default.
  6. Gambar ini digunakan apabila tidak ditemukan ada gambar pada postingan.
  7. Css style digunakan untuk memberikan style pada thumbnail agar sesuai dengan keinginan anda baik dari warna, border ataupun paddingnya.

HTML Tag

Cara setting seo alrp
klik untuk memperbesar
Untuk settingan bagian HTML Tag ini sepertinya tidak perlu saya jelaskan, karena sudah cukup jelas dan juga ada contoh formatnya. Settingan pada gambar di atas adalah settingan yang biasa saya gunakan.

Bila ada yang ditanyakan silahkan gunakan form komentar, semoga bermanfaat !